twitter
rss

Kelebihan dan Kekurangan Facebook dan Friendster

Beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar tentang social networking facebook yang fungsinya kira kira hampir sama dengan Friendster. Hampir semua orang membicarakan facebook, di tempat chating di forum di kantin di lapang upacara di WC bahkan di kuburan pun orang orang berbicara tentang Facebook. Sampai sampai si Igor Saykoji bikin lagi yang judulnya “Online” dimana didalam liriknya disebutkan “pagi pagi buka facebook padahal face masih ngantuk”. Hal tersebut membuat saya semakin penasaran sampe gak enak makan gak nyenyak tidur terus terusan mikirin apa sih sebenernya facebook itu? Akhirnya dengan sisa uang makan malam (maklum saya makannya uang bukan nasi.hehe),saya pergi ke warnet buat nyari tentang facebook yang ramai dibicarakan orang orang itu. Dan berikut ini akan saya ulas ringkasan tentang facebook dan friendster. Namun karena uang sisa makan malam saya tidak memenuhi tagihan bayar warnet,jadi saya akhiri searching saya walopun tidak mendapatkan info sebanyak yang saya inginkan tapi ya insyaALLOH saya mendapatkan info yang bisa membuat mata kita terbuka tentang facebook dan friendster. Semoga berguna buat para pembaca pada umumnya dan saya pada khususnya...

Sebelum jauh membahas tentang facebook, saya tulis dulu sedikit sejarah berdirinya facebook ya =).

Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas yaitu untuk mahasiswa Harvard. Namun sekarang facebook telah dibuka keanggotaanya untuk umum. Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Dan sekarang Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya ke 4 versi majalah Forbes. Kekayaannya disebutkan 'hanya' 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Namun Zuckerberg baru berusia 23 tahun. Untuk Mengetahui Sejarah lengkapnya kamu bisa baca DISINI atau DISANA.

Untuk saat ini , Facebook telah memiliki jumlah keanggotaan lebih dari 64 juta anggota aktif. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak diantara situs-situs web lain yang bergerak di bidang sekolah/perguruan tinggi di dunia. Dalam tempo 1 tahun, peringkat Facebook naik dari 60 menjadi poringkat 7 sebagai website yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sedangkan sebagai situs foto, Facebook telah melampaui Flickr dengan jumlah foto 8,5 juta foto setiap harinya. Menurut info, para pengguna di amrik and eropa sana udah pada pindah ke facebook. Sedangkan Friendster hanya diramaikan oleh orang Indonesia, Brunei, Malaysia, Philipina, Singapura (baca:Cuma Asean).

Oke daripada kita ngomongin angka angka yang bikin mumet dan males dibaca mendingan kita langsung membandingkan antara Friendster dan Facebook. Dibawah ini beberapa kelebihan yang dipunyai Friendster menurut beberapa pengguna FS di Indonesia:

1.Sign Up nya lebih gampang,jika Confirmation Email FS masuk ke Inbox tapi FaceBook masuk ke Bulk 
2.Tampilannya lebih user friendy, mungkin hal ini karena layout Friendster sudah lama dikenal oleh Rakyat Indonesia (dan sekitarnya)
3.Friendster masih menjadi social network yang digemari di Indonesia, orang Indonesia masih lebih banyak yang menggunakan Fs dari pada Facebook.
4.Lebih asik karena bisa edit layout, e.g: background, tulisan, dsb. Intinya buat orang Indonesia lebih merakyat.
5.Fungsi Add Comment/Testimonial-nya lebih sederhana. Testimonial dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar yang menarik.
6.Sebagai pemilik account friendster kita bisa membuat profil sesuai yang kita inginkan. Berbeda dengan facebook dimana kita harus mengikuti keinginan para pembuat aplikasi
7.Dengan menu search pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut sekolah, organisasi,perusahaan atau afiliasinya

Nah biar adil sekarang kita ulas bagian kekurangan Friendsternya:
1.Friendster kebanyakan account palsu, belum lagi spam yang merajalela memenuhi bulletin dan inbox usernya.
2.Tampilannya bisa dibilang seperti dinding iklan.
3.Corak, warna, dan layout yang terlalu rame membuat kita melihat home user rada pusing. Apalagi layout baru orange menyala untuk promosi klo friendster bisa bahasa mandarin juga (sebelum berganti ke warna biru).
4.Fitur yang masih seputar itu saja. Contohnya foto sangat terbatas, dalam satu halaman ditampilkan semua foto tanpa kategori. Bulletin yang di posting beberapa kali dengan harapan bisa selalu paling atas, kenapa demikian? Soalnya untuk pengumuman atau cuma komentar saja cuma bisa di bulletin saja.
5.Fitur untuk mencari teman yang berada di lokasi yang sama sangat sedikit. Terkadang kita susah mencari teman klo tidak tahu nama lengkap atau emailnya. Kekurangan Fitur menjadi alasan kebanyakan orang berpindah ke facebook.
6.Terkadang setiap halaman terasa berat ketika di Load sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuka 1 halaman. Hal ini dapat menghabiskan banyak bandwith.


Beberapa keunggulan atau kelebihan facebook:
1.Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2.No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3.Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4.Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5.Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6.Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7.Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8.Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9.Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10.Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11.Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12.Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13.Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14.Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15.Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung. Selain itu Top quality girl dah pada pindah haluan ke Facebook ;D hehe..

Kekurangan Facebook menurut orang Indonesia:
1.Pada saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam.
2.Karena banyaknya fitur sehingga buat user yang masih awal pasti merasa bingung.
3.Aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi.
4.Banyaknya invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.
5.Facebook kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
6.Pengguna Facebook di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan Friendster.
7.Facebook masih terasa exclusive sehingga belum merakyat seperti Friendster
8.Mengekslorasinya masih belum sebebas friendster


Itu dia kelebihan dan kekurangan Facebook dan Friendster. Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan lain, tapi mungkin segitu juga bisa mewakili dari keduanya. Dan kesimpulan dari tulisan diatas bisa kalian simpulkan sendiri. Kalau menurut pendapat yang objektif, saya lebih memilih facebook karena masa depannya lebih cerah dan memang banyak fitur yang sangat mendukung. Namun menurut pendapat subjektif, saya lebih memilih friendster karena teman teman saya (alumni SMA/SMP dLL) masih menggunakan Friendster. Ingat bahwa orang Indonesia lebih memilih menjadi pengguna friendster daripada facebook. Jadi demi tetap kontak dengan mereka saya masih bertahan dengan Friendster. Karena menurut saya yang paling penting adalah Silaturahminya, tidak peduli walaupun fasilitas Facebook lebih bagus dari friendster.

Saran saya kita sebagai pengguna tidak perlu memusingkan memilih facebook atau friendster. Teknologi dibuat untuk memudahkan,bukan untuk membuat orang bingung. Dan kita tidak perlu menjadi korban keganasan teknologi tersebut. Jangan sampai kita milih facebook Cuma gara gara ikut Trend orang orang sedunia. Lakukanlah apa yang menurut kita suka dan enjoy! Ga perlu kayak orang orang di amrik dan eropa sana yang saking addict nya terhadap internet mereka mengatakan bahwa koneksi internet lebih penting daripada koneksi listrik,bahkan banyak juga yang mengatakan internet lebih penting dari agama. Weleh…orang orang mulai gila! Ingat ya.. untuk sukses, hidup kita harus seimbang antara dunia dan surga, di dunia juga harus seimbang antara dunia nyata dan maya. Tidak perlu sampai se addict itu =)

21 comments:

  1. aku x faham la ape yang ko cakap

  1. loe nyindir gue ya...buat orang awam bingung. iye gue masi bingung...

  1. artikel ne bantu saiia banget....!!!!!

    thanks yaaaa....!!!

    :15

  1. TS :11

    emang kaskus :)), pake TS segala =)).

  1. besa saja dapat lar bantu sikit-http://i407.photobucket.com/albums/pp153/cupu_kisruh/EMOTICON/11.gif

  1. salam,em tima aksi sangat coz dapat bagi kelemahan dan kelebihan this artikel so impontant for my asignment teknologi maklumat hehe sory ek saya copy kira halallah kan ilmu ne ,selamat berkongsi ilmu ,lagi banyak ilmu banyaklah pahala hehe k..

  1. penjelasannya kurang..

  1. INDONESIA VS URUGUAY
    gMNA YA....................................................
    KOKOK IMADA IDO

  1. bagus la

  1. :e: gabung ke www.ooiya.com :c: kamu bisa ikutan kontes yang hadiahnya lumayan :f:

  1. :e: Jejaring sosial yang baru udah mencapai 3 Juta Manusia :c: manusianya ramah ramah :k:

  1. :c: gabung Ke www.ooiya.com :c:

  1. :c: gabung Ke www.ooiya.com :c:

  1. It's fantastic that you are getting ideas from this paragraph as well as from our discussion made at this time.

    My web page - wiki.dsmu.edu.ua

  1. whoah this weblog is magnificent i like reading your posts.
    Stay up the great work! You know, many individuals
    are looking around for this information, you can aid
    them greatly.

    Take a look at my web blog - http://www.fooditud.com/

  1. This is my first time pay a quick visit at here and i
    am in fact happy to read everthing at one place.

    Also visit my blog; remote control hobbies

  1. I would like to thank you for the efforts you have put
    in writing this website. I am hoping to check out the same high-grade content
    by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged
    me to get my own, personal site now ;)

    Here is my weblog; Www.mi.hs-heilbronn.de

  1. Can I simply say what a relief to discover somebody
    who genuinely knows what they are talking about on the net.

    You definitely realize how to bring a problem to light and make it important.

    More and more people need to read this and understand this side of your story.

    I can't believe you aren't more popular since you surely
    possess the gift.

    Here is my page :: mens stuhrling watches

  1. I believe that is one of the so much significant info for me.
    And i am happy studying your article. But wanna observation on
    few normal things, The web site style is perfect, the articles is in point of fact nice :
    D. Excellent job, cheers

    Here is my web blog; men's vestal watches

  1. Howdy, I do believe your web site could possibly
    be having web browser compatibility problems.
    Whenever I take a look at your web site in Safari,
    it looks fine however, if opening in I.E., it's got some overlapping issues. I merely wanted to give you a quick heads up! Aside from that, fantastic site!

    Feel free to surf to my web blog; Watches For Sale

  1. This is a really good tip especially to those fresh to the blogosphere.
    Brief but very precise info… Thank you for sharing this one.
    A must read article!

    Feel free to surf to my blog ... Www.Cercledubristol.com

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar